Pentingnya Kesehatan Usus

Pentingnya Kesehatan Usus

Taukah anda bahwa kondisi kesehatan usus sangat menentukan kesehatan anda.

Sistem pencernaan adalah sistem yang melakukan proses mengubah makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan menyerap nutrisi makanan untuk kebutuhan kehidupan. Melalui sistem pencernaan dengan bantuan enzim,  molekul makanan kompleks akan dipecah menjadi molekul yang sederhana sehingga mudah diserap tubuh.

Sistem pencernaan makanan dimulai dari proses pencernaan mekanik yaitu proses mengubah makanan menjadi bagian kecil dan lembut. Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dengan cara mengunyah makanan sehingga terpecah menjadi bagian kecil.  Enzim amilase dalam air ludah akan merubah makanan yang mengandung zat karbohidrat menjadi gula sederhana (Maltosa) sehingga mudah dicerna oleh organ dalam pencernaan.

Kemudian makanan dibawa ke lambung melalui proses menelan lewat kerongkongan.  Didalam lambung, makanan yang relatif halus akan menjalani proses pencernaan kimiawi menggunakan zat/enzim seperti

  • Enzim Renin, yang hanya dimiliki oleh bayi,  berfungsi mengendapkan protein pada susu (kasein) dari air susu (ASI). Semakin bertambah usia, enzim ini kemudian berkurang dan tidak diproduksi lagi
  • Enzim Pepsin, berfungsi untuk memecah protein menjadi pepton.
  • HCl (asam klorida), biasa dikenal sebagai asam lambung yang berfungsi sebagai desinfektan membunuh kuman yang mungkin ada dalam makanan.  Juga untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin, serta merangsang pengeluaran hormon sekretin dan kolesistokinin pada usus halus.
  • Enzim Lipase, berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.

Proses pencernaan dalam lambung membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam, kemudian makanan dibawa menuju usus dua belas jari. Dalam usus dua belas jari terdapat enzim-enzim pencernaan yang berasal dari pankreas:

  1. Enzim Amilase. Yaitu enzim yang mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula lebih sederhana (maltosa).
  2. Enzim Lipase. Yaitu enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  3. Enzim Tripsinogen. Yang jika belum aktif, akan diaktifkan menjadi tripsin, yaitu enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino yang siap diserap oleh usus halus.

Selain itu, dalam sistem pencernaan juga  terdapat empedu.  Empedu diproduksi oleh hati / liver dan ditampung di dalam kantung empedu. Kemudian cairan empedu dialirkan melalui saluran empedu ke usus dua belas jari. Empedu mengandung garam empedu dan zat warna empedu (bilirubin). Garam empedu berfungsi mengemulsikan lemak. Zat warna empedu berwarna kecoklatan, dan dihasilkan oleh hati dengan cara merubah sel darah merah yang tua. . Zat warna empedu memberikan ciri warna cokelat pada feses. Seluruh proses pencernaan karbohidrat, lemak, dan protein diselesaikan dalam usus dua belas jari. Kemudian makanan ini dibawa menuju usus halus. Selanjutnya, terjadi proses penyerapan (absorbsi) yang berlangsung dalam usus kosong dan sebagian besar di usus penyerap. Lemak diserap usus dalam bentuk asam lemak dan gliserol, Karbohidrat terserap dalam bentuk glukosa,  serta protein terserap dalam bentuk asam amino. Vitamin dan mineral tidak mengalami pencernaan dan dapat langsung diserap oleh usus halus.

Sisa makanan yang tidak bisa dicerna di usus halus, misalnya selulosa  bersama dengan lendir akan menuju ke usus besar menjadi feses / kotoran.  Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli. Bakteri ini akan membantu proses pembusukan sisa makanan menjadi feses. Selain membusukkan sisa makanan, bakteri E. coli juga menghasilkan vitamin K. Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Sisa makanan dalam usus besar masih banyak mengandung air. Karena tubuh memerlukan air, maka sebagian besar air diserap kembali di usus besar. Penyerapan kembali air merupakan fungsi penting dari usus besar. Selanjutnya sisa-sisa makanan akan dibuang melalui anus berupa feses, yaitu proses BAB.

Video ini menjelaskan proses pencernaan makanan dalam usus

Kondisi Usus Besar

Usus besar adalah usus yang terbesar dalam rongga perut. Dalam usus besar inilah bagian proses pencernaan terakhir dan terpenting. Fungsi utama usus besar adalah untuk memilah hasil akhir pencernaan. Disini terjadi penyerapan air dengan jumlah yang terbesar daripada organ lain dan terjadi proses pembusukan sisa-sisa makanan dengan bantuan bakteri. Berikut adalah gambar anatomi usus besar beserta bagian-bagiannya:

Kesehatan Usus

Proses pembusukan dalam usus besar tejadi setiap hari, sehingga kita harus melakukan kegiatan BAB secara rutin  minimal sekali dalam sehari, BAB yang tidak lancar dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti obesitas, kolesterol tinggi, serangan jantung, alergi dsb. Banyak orang menganggap sembelit / susah BAB adalah masalah pencernaan biasa, dan tidak membahayakan. Padahal sembelit berkepanjangan bisa mengakibatkan banyak penyakit serius.

OBESITAS dan Kesehatan Usus

Lifestyle jaman sekarang membuat kita terpapar racun yang secara sengaja dikonsumsi maupun tidak sengaja. Seperti kebiasaan makan makanan olahan dengan Pengawet,konsumsi Gula berlebihan , Alkohol, junk food, softdrink.  Tumpukan racun yang tidak terbuang terakumulasi dalam tubuh terutama didalam usus kita. Pola makan modern pada umumnya kurang memperhatikan kesehatan seperti makan makanan fast food, gluten, terlalu banyak daging, tepung, gula dsb. Kurang konsumsi sayuran dan buah buahan. Kondisi ini mengakibatkan racun semakin menumpuk di dalam tubuh kita, terutama dalam usus besar.

Karena usus dan sistem organ dalam tubuh kita telah dipenuhi dengan racun, membuat fungsi metabolisme tubuh menurun. Metabolisme tubuh adalah kemampuan tubuh manusia untuk membakar lemak menjadi energy. Ketika metabolisme tubuh kita menurun, apapun yang kita makan akan menjadi lemak. Sebagian besar racun menempel pada dinding usus berakibat menambah berat badan dan perut menjadi buncit. Sangatlah penting memperhatikan pola makan yang sehat demi kesehatan secara total.

 


Sekarang!

ada solusi jitu terbukti Menurunkan Berat Badan Secara Cepat dan Alami Tanpa Efek Samping!

kesehatan usus

 

Hanny

saya berwirasusaha sebagai distributor produk suplemen kesehatan, Nutrisi Stem Cell, Jelly Gamat, Zmooth Detox dsb. Ingin membantu menyebar luaskan pengetahuan berkaitan dengan kesehatan, pola hidup sehat, dan nutrisi kesehatan. Jika anda membutuhkan bantuan silahkan kontak saya. di WA Hp / WA : 087853902678 Terima kasih