Manfaat Kelapa Dalam Kehidupan Sehari hari

Manfaat Kelapa Dalam Kehidupan Sehari hari

Pohon kelapa di perkirakan berasal dari pesisir samudra Hindia namun saat ini telah menyebar luas di seluruh pantai didunia dan sudah tumbuh berkembang biak di negara-negara tropis, seperti di Indonesia.
Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk dalam genus : cocos dan species : nucifera. Pohon kelapa banyak sekali manfaatnya mulai dari batang, daun hingga buahnya, semua dapat dimanfaatkan. Selain itu pohon kelapa juga sering dijadikan logo “Pramuka” (Praja Muda Karana) . Mungkin sebagian dari kita sudah tau manfaat dari pohon kelapa, agar lebih jelas disini ada beberapa penjelasan dari manfaat buah kelapa dan bagian yang lainnya.

Manfaat Batang Kelapa Bagi Manusia

Selain manfaat buah kelapa ternyata batang kelapa tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan terhadap sengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampai permukaannya licin dengan tekstur yang menarik . Batang kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat penopang genting rumah, biasanya pemanfaatan sebagai penopang genting masih ditemukan di desa-desa, selain itu batang kelapapun masih bisa digunakan sebagai perabot rumah tangga, bahan dasar pembuatan kertas.

Batang kelapa dapat juga diekstrak untuk pembuatan bubur kertas.. Karena, Kayu kelapa terbilang kuat dan awet, kayu ini umumnya panjang dan lurus tanpa ada bengkokan.
Jika dipoles sedikit dengan perlakuan khusus dan sedikit seni, kayu kelapa ini bisa menghasilkan produk bernilai jual tinggi.

Manfaat Daun Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Daun kelapa dapat dibuat menjadi berbagai macam benda. Misalnya bingkai lemari, hiasan janur, keranjang sampah, sapu lidi, sarang ketupat, tatakan, dan tempat buah. Tulang daun atau lidi dijadikan barang anyaman, sapu lidi dan tusuk daging (sate). Kemudian manggar atau pangkal pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula. Sementara pelepah keringnya dapat dibuat kipas, sandal, tas tangan, topi, dan mungkin yang belum kita ketahui, ternyata daun kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai alternative pakan ternak. Daun kelapa merupakan makanan favorite bagi para gajah. Sementara pucuk daunnya dapat dibuat makanan, seperti asinan.

Manfaat Buah Kelapa Bagi Manusia

Nah ini dia yang di tunggu-tunggu, ayo kita bahas apa saja manfaat buah kelapa.

Terdapat berbagai macam manfaat buah kelapa diantaranya adalah :

a. Daging yang masih muda dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran dalam berbagai jenis minuman, seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua dimanfaatkan sebagai santan dalam berbagai jenis olahan makanan.

b. Daging kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki rasa yang menarik yang unik. Ia dapat digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep masakan.

c. Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih lebih tinggi dibandingkan dengan minyak seperti minyak zaitun atau Canola. Asam laurat dalam minyak kelapa diyakini sangat baik untuk kesehatan, ia dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat melindunginya dari berbagai macam penyakit.

d. Selain itu, minyak kelapa adalah kondisioner yang bagus untuk rambut juga. Penggunaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut kering menjadi lebih lembut dan halus. Minyak kelapa juga digunakan untuk memijat bayi. Hal ini diyakini sehat bagi kulit bayi.

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa ijo memiliki kandungan yang syarat akan gizi. Mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan juga asam folat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. untuk mengatahui secara lengkap apa saja manfaat air kelapa, yu kita bahas dibawah ini.

a. Manfaat Air Kelapa untuk Menurunkan berat badan

Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunaan air kelapa hijau sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa hijau dari pada harus membeli obat obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

b. Menetralisir racun di tubuh

Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

c. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa hijau memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kita. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita ketika kita sedang beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa hijau adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa hijau sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alesan mengapa air kelapa hijau dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

d. Sebagai anti penyakit untuk ibu hamil dan janin

Air kelapa hijau mengandung senyawa asam laurat, senyawa ini dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat ini juga ditemukan dalam ASI dan memiliki kesamaan karakteristik untuk antijamur, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga air kelapa hiaju ini baik untuk ibu hamil dan janin.

e. Obat untuk penyakit demam

Banyaknya zat yang terdapat pada air kelapa juga dapat membantu menurunkan panas demam. Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama, yaitu dengan cara campurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita demam.

Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil dan Janin

Pada saat hamil, pasti seorang calon ibu  sering mengalami Morning Sicknees, rasa mual yang kadang diikuti dengan muntah.  Air kelapa ijo memiliki Kandungan elektrolit yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat muntah.

Air Kelapa Menjernihkan Air Ketuban

Kandungan elektrolit dan antioksidan dalam air kelapa hijau dapat membersihkan dan menjernihkan air ketuban . Kedua zat tersebut mampu menyerap lendir serta kotoran yang terdapat dalam air ketuban. Hal ini menunjukkan bahwa mitos yang selama ini beredar dalam masyarakat yang mengatakan bahwa air kelapa dapat membuat kulit bayi menjadi putih, adalah salah. Yang benar adalah air kelapa membuat air ketuban menjadi bersih.

Menjaga Tekanan Darah

Kandungan elektrolit seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin yang terdapat dalam air kelapa hijau mampu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Serta berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Menghilangkan racun dan mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan gangguan yang sering terjadi saat hamil. Hal ini bisa karena urin pada saluran kencing yang disebabkan oleh perubahan mekanis dan hormonal yang terjadi pada kehamilan. Selain itu, peningkatan hormon progesterone yang terjadi pada masa kehamilan dapat menambah besar dan berat rahim yang dapat mengakibatkan pengenduran otot-otot saluran kencing.
Akibat dari gangguan ISK ini bisa membuat bayi meninggal dalam rahim. Kandungan berbagai macam nutrisi dalam air kelapa hijau yang masih muda dapat berfungsi sebagai diuretik alami serta, dapat mengeluarkan zat-zat racun yang ada dalam tubuh melalui urin.

Mencegah kram

Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka hal tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kram pada kaki bagi beberapa wanita. Kandungan beberapa senyawa kimia dalam air kelapa hijau seperti kalium,dapat dijadikan alternative utama untuk menyembuhkan gangguan tersebut. Segelas air kelapa hijau atau setara denagan 330 ml, dapat menyajikan hingga 670 mg kalium. Itu berarti sekitar 14% kebutuhan pasokan kalium semasa kehamilan bisa dipenuhi oleh air kelapa hijau.

Manfaat Serabut kelapa

Melimpahnya limbah sabut kelapa di Indonesia menjadi peluang bisnis para pengusaha. Mereka mulai melirik limbah sabut kelapa untuk diolah menjadi barang yang lebih bernilai dan lebih bermanfaat. Dalam dunia industri sabut kelapa diolah menjadi sesutu yang bernilai tinggi. diantaranya :

a. Bahan Pembuatan Keset/Alas Kaki
b. Bahan Pembuatan Kerajinan Tangan dan Accessoris
c. Sebagai Campuran Media Tanam
d. Manfaat Sabut Kelapa Dalam Dunia Pertanian

Manfaat Tempurung kelapa

Dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Arang batok kelapa dapat digunakan sebagai kayu bakar biasa atau diolah menjadi arang aktif yang diperlukan oleh berbagai industri pengolahan.

Ternyata banyak sekali manfaat buah kelapa dan bagian lainnya  yang bisa kita dapatkan, khususnya bagi kita yang tinggal di Indonesia. Semoga bermanfaat

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun ?

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa