Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Pada dasarnya wanita manapun selalu ingin tampil cantik sempurna disetiap keadaan dan kesempatan. Setiap detail yang ada pada tubuhnya tak pernah luput dari perhatian, salah satunya adalah rambut. Rambut ibaratlah sebuah mahkota. Rambut ialah hal yang dianggap penting khususnya bagi wanita. Bagi wanita rambut adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Oleh karena itu tidak heran sekarang ini banyak sekali klinik kecantikan yang menambah pelayananya untuk mengatasi rambut rontok.

Salat satu masalah yang sering dikeluhkan sebagian besar orang adalah kerontokan rambut. Masalah ini cukup menyita perhatian khususnya para wanita, maka dari itu tidak heran banyak sekali produk-produk shampo yang menawarkan perawatan rambut untuk mengatasi rambut rontok. Tak dipungkiri juga bagi sejumlah pria, mengkhawatirkan hal serupa yaitu kerontokan rambut, umumnya mereka yang usia nya meranjak lansia.

Siapapun yang pernah mengalami kerontokan rambut pasti tahu susahnya mencari cara mengatasi rambut rontok parah. Namun tahukah anda sebenarnya hal tersebut merupakan hal yang normal dan wajar. Paling tidak, rambut kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai.

Berikut kita akan membahas penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok

1. Gangguan Hormon

Ada beberapa hormon yang dapat menjadi penyebab rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Rambut rontok bisa terjadi karena gangguan hormon Alopesia Androgenetik. Hormon ini merupakan penyebab kebotakan yang paling banyak terjadi, dengan persentase sebesar 70% pada pria dan 40% pada wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

2. Pengaruh Gizi dan Vitamin

Penyebab kerontokan rambut parah  bisa terjadi karena pengaruh gizi dan vitamin. Jangan kira rambut yang bentuknya kecil dan lembut itu nggak butuh nutrisi lho ya! Rambut tetap butuh asupan gizi untuk bertahan kuat dan sehat sehingga nggak mudah rapuh dan rontok. Waktu kamu ngejalanin diet ekstrim yang membatasi asupan gizi bagi rambut seperti protein, zat zinc dan lain sebagainya maka dapat dipastikan kalau rambut kamu bakalan rontok mengerikan. Untuk itu, konsumsi makanan yang mengandung asupan nutrisi yang baik untuk rambut. Selain baik buat rambut, asupan nutrisi yang lengkap juga baik buat kesehatan tubuh dan organ tubuh, jadi nggak sia-sia karena banyak manfaatnya.

3. Penggunaan Bahan Kimia

Perawatan rambut yang terlalu berlebih dan disertakan dengan penggunaan bahan kimia menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang sering terjadi dan biasanya berakibat fatal. Penggunaan pewarnaan rambut yang terlalu sering apalagi dalam dosis yang berlebihan dapat memicu kerusakan rambut. Oleh sebab itu, telitilah sebelum melakukan pewarnaan pada rambut. Selain itu zat kimia yang digunakan pada proses pelurusan rambut (rebounding) juga tidak baik untuk pertumbuhan rambut dalam jangka panjang. Terlebih proses pendiaman rambut selama 30 menit saat pelurusan rambut ini memperparah kerontokan yang akan dialami oleh rambut.

4. Alat Penata Rambut

Untuk menunjang penampilan agar selalu terlihat cantik, kaum wanita biasanya rela meluangkan waktu berjam-jam di salon atau rela bangun lebih awal untuk menata rambut seperti mencatok rambut. Padahal perawatan dengan menggunakan alat catok dan keriting rambut berdampak buruk bagi rambut jika terlalu sering dilakukan.  Hal ini dikarenakan, jarak antara alat catok dan kulit kepala sangat dekat sehingga membuat akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi lebih cepat patah.

Sedangkan pada alat keriting, rambut dililitkan pada alat dan membuat akar rambut tertarik sehingga rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang. Alat lain yang sering digunakan ialah hair dryer atau pengering rambut. Penggunaan alat ini yang terlalu sering mengakibatkan rambut menjadi cepat kering dan membuat akar rambut patah sehingga menjadi penyebab rambut rontok.

5. Efek Samping Obat

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping penyebab rambut rontok. Diantarnya ialah obat yang digunakan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan. Dan masih banyak lagi penyebab rambut rontok lainnya

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

1. Sarapan bisa mengatasi rambut rontok

Selain untuk mengisi tenaga kita sebelum seharian memulai aktifitas, manfaat sarapan lainnya adalah untuk kesehatan rambut kita. Saat sarapan sebaiknya konsumsi makanan yang kaya akan protein, gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh dan rambut. Kekurangan protein seperti (daging merah, telur, ayam dan lain sebagainya) dapat menghambat pertumbuhan keratin rambut. Maka dari itu kalau diantara kalian yang suka malas sarapan, ada baiknya mulai sekarang dicoba untuk tidak melewatkan waktu makan pagi ini.

2. Minyak Zaitun untuk mengatasi rambut rontok

Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Kita semua tahu, olive oil atau minya zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dimanfaatkan khasiatnya. Untuk mengobati rambut yang rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah. Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

Baca Juga :  Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun ?

3. Masker Buah-buahan

Sebagain besar wanita pasti pernah melakukan perawatan creambath entah itu di salon atau melakukan sendiri dirumah. Masker yang biasa digunakan untuk creambath ini bisa kamu buat sendiri dirumah dengan beberapa jenis buah seperti pisang, alpukat, semangka dan melon. Membuat masker dari beberapa macam buah, cukup ampun untuk mengatasi rambut rontok. Cara membuatnya sangat mudah. Blender sampai halus ke 3 macam buah tersebut lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai merata. Setelah itu oleskan keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Pijit Kepala Dengan Campuran Teh Hijau & Daun Seledri

Sebelum kita memulai tahapan ini, sebaiknya kamu menyiapkan hal sbb.

  • Handuk kecil bersih 1 buah.
  • Mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat.
  • Teh Hijau dan daun Seledri yang telah diseduh

Jika sudah siap semua, hal pertama yang kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah ambil 1 handuk kecil bersih tadi lalu rendam handuk tersebut kedalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 2-5 menit. Selanjutnya peras handuk tersebut dan tutup kepada menggunakan handuk yang sudah diperas tadi selama kurang lebih 10 menit.

Sambil menunggu air menyerap ke kulit kepala, kamu bisa melakukan beberapa kegiatan yang membuat kamu lebih rileks seperti yoga atau mendengarkan musik klasik atau tarik nafas secara pelahan dan berulang. Buat badan dan pikiran kamu merasa tenang. Hal ini bisa mencegah rasa strees pada diri kamu. Setelah 10 menit, teteskan teh hijau dan selendri secara bertahap kepada kulit kepala, kamu bisa memijat kulit kepala kamu agar tetesan tersebut menyerap ke kulit kepala. Terakhir bilas rambut kamu hingga bersih sampai tidak ada minyak yang tersisa pada kulit kepala dan rambut kamu.

5. Buah Mangga, Yoghurt dan Kuning Telur

Cara mengatasi rambut rontok lainnya dengan buah mangga, yoghurt dan kuning telur. Pertama-tama siapkan beberapa potongan buah mangga dan 1 sendok makan yoghurt serta 2 butir kuning telur. Blender sampai halus dan kental setelah itu saring serat-serat kasar yang masih ada. Kamu hanya membutuhkan serat yang halus untuk dioleskan kerambut rontok kamu. Jika sudah terpisah, oleskan masker mangga, yoghurt dan kuning telur ke kepala kamu secara merata. Beri sedikit pijatan di kepala. Diamka selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Minyak Kemiri

Menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok bukanlah hal yang baru, sejak jaman dahulu kemiri sudah dimanfaatkan untuk membantu menyuburkan rambut. Pada biji kemiri mengandung 60-66% minyak. Minyak inilah yang dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok pada jaman dahulu hingga sekarang. Namun pada jaman sekarang, kita tidak perlu lagi ribet untuk mendapatkan minyak kemiri seperti dahulu. Kini kita sangat mudah untuk mendapatkan minyak kemiri di toko-toko sekitar obat herbal di sekitar rumah kita.

Untuk penggunaanya tidak sulit kamu cukup beberapa tetesan minyak kemiri ketelapak tangan, selanjutkan usapkan kepada seluruh rambut hingga akar rambut secara merata. Dan diamkan sekitar 1-2 jam sambil memberikan pijatan secara perlahan dikulit kepala. Setelah itu, bersihkan rambut (keramas) hingga bersih dengan shampo.

7. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Lidah buaya sudah sangat terkenal sekali manfaatnya untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Cara penggunanya pun sangat mudah. Kamu cukup mengambil 1 potong lidah buaya dan gunakan bagian dalamnya atau daging lidah buaya lalu oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 15-25 menit lalu kamu bisa membersihkan rambut dengan shampo dengan air bersih. Pada saat keramas sangat disarankan untuk menggunakan air yang mengalir.

Baca Juga : Apa Saja Manfaat Lidah Buaya ?

Kunci dari gaya rambut yang maksimal adalah rambut yang sehat. Sebelum memutuskan jenis perawatan rambut yang tepat, kamu harus tahu jenis rambutmu sendiri. Rawatlah rambut anda dengan baik dan tentunya aman, seperti perawatan alami di atas dan hindari penyebab rambut rontok.